Tips Menulis Buku Anak dari Ali Muakhir


Beberapa waktu lalu, saya bincang-bincang tentang menulis buku dengan salah seorang penulis buku anak paling produktif. Namanya, Ali Muakhir. Tahun 2009, dia mendapat piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pengarang buku terbanyak. Pengalamannya di dunia kepenulisan luar biasa, Sob! Dia pernah jadi Manajer Penerbitan dan Produksi di Mizan. Sekarang, penulis buku anak ini tercatat sebagai Deputi GM Sygma Kaya Imagi. Mantap kan pegalamannya di dunia penerbitan.

Menurut Ali Muakhir, ada 6 hal yang harus kamu perhatikan saat kamu mau menulis buku anak. Catat ya, Sob!

Tahu Psikologi Perkembangan Anak


Menulis buku untuk anak prasekolah dan anak SD beda loh. Untuk mengetahui konten apa yang sesuai dan bagaimana cara penyajiannya untuk anak prasekolah atau anak SD, mau enggak mau, kamu harus mempelajari psikologi perkembangan anak. Kamu bukan psikolog atau mahasiswa yang dapat mata kulihak psikologi perkembangan? Tenang saja, buku refrensinya banyak, kok. Ali Muakhir suka baca buku-buku psikologi perkembangan karya Muhibbin Syah. Kalau kamu mau jadi penulis buku anak, kamu wajib nih mengetahui psikologi perkembangan anak.

Banyak Baca Bacaan Anak


Mau menulis buku anak, tapi enggak pernah baca buku anak? Dijamin, kamu enggak mungkin bisa menulis buku anak. Ada pepatah, membaca adalah jendela dunia. Untuk menengok dunia anak, kamu harus baca buku-buku anak. Dengan begitu, kamu jadi tahu dunia anak. Cari tahu buku anak yang paling digemari sama anak-anak. Ali Muakhir suka banget sama karya-karya Enid Blyton. Kata dia, semua seri karangan Enid Blyton dia baca loh! Kalau kamu mau menulis buku anak, kamu wajib baca buku-buku anak.

Kamu Harus Kreatif


KBBI mendefinisikan kreatif sebagai memiliki kemampuan mencipta. Kamu sudah banyak membaca buku-buku anak? Berarti, kamu sudah banyak refrensi buku anak. Sekarang, saatnya kamu berinovasi. Dari semua buku anak yang sudah kamu baca, kira-kira buku tentang apa yang belum digarap penulis lain? Kamu tulis buku tentang itu. Kamu juga bisa menggarap tema-tema umum dengan cara yang belum pernah dilakukan oleh penulis buku anak lainnya. Kalau kamu kreatif, semua itu bukan hal yang sulit, Sob.

Tahu Bahasa Gambar


Anak-anak suka banget sama gambar. Anak prasekolah banyak yang belum bisa baca, tapi bisa memahami isi buku melalui gambar-gambarnya. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu bahasa gambar. Kalau kamu tahu bahasa gambar, kamu bisa tahu gambar mana yang sesuai untuk anak prasekolah dan gambar mana yang sesuai untuk anak-anak SD.

Cinta Sama Anak-Anak


Mengerjakan sesuatu yang enggak kamu sukai itu merupakan hal yang berat, Sob. Begitu juga menulis buku anak. Kalau kamu enggak mencintai anak-anak, pasti kamu akan merasa berat saat menulis buku untuk anak. Bagaimana kamu bisa memahami dunia anak, mengamati tingkah laku anak-anak, mencari tahu kesukaan anak-anak tanpa mencintai anak-anak? Ya, bisa saja sih, tapi rasanya pasti berat banget. Kalau kamu mau jadi penulis buku anak, kamu harus memiliki kecintaan kepada anak-anak.

Harus Jadi Orang Baik


Salah satu alasan menulis buku anak adalah mengajarkan kebaikan kepada anak-anak. Bagaimana kamu bisa mengajarkan kebaikan kalau kamu sendiri belum baik? Bisa saja sih kamu menulis tentang anak dermawan, padahal kamu pelit banget. Saya jamin, tulisanmu bakal enggak bernyawa, Sob. Jadi orang baik kan susah. Kata siapa? Fitrah setiap orang itu baik Sob. Jadi, saya percaya, kamu pasti memiliki kebaikan. Sekarang, bagaimana caranya agar kebaikanmu itu bisa membawa banyak manfaat? Menulis buku anak, Sob! Tularkan kebaikanmu itu sekarang juga kepada anak-anak.

Nah, itu tadi 6 hal yang saya dapat dari bincang-bincang dengan penulis buku anak paling produktif di Indonesia, Ali Muakhir. Tertarik jadi penulis buku anak? Sssttt… jangan kasih tahu siapa-siapa. bocoran nih dari penerbit, buku anak termasuk buku yang paling laku di pasaran loh. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan tulis.
Share on Google Plus

About Unknown

Penulis, penyunting, penata letak, pedagang pakaian, dokumentator karya FLP, dan sederet identitas lain bisa dilekatkan kepadanya. Pernah bekerja sebagai Asisten Manajer Buku Sastra di Balai Pustaka. Pernah belajar di jurusan sastra Indonesia Unpak. Denny bisa dihubungi di e-mail sastradenny@gmail.com.

0 ulasan:

Catat Ulasan

Tinggalkan jejak sobat di sini