Rambut Pirang Nana


ilustrasi (123rf.com)
Oleh Donald Ducky

Kantin sudah lumayan ramai. Pagi itu, Via lagi asyik-asyiknya ngunyah nasi uduk made in Mpok Ela, yang nikmatnya bisa sampai ubun-ubun, waktu Nana teman sebangkunya muncul dengan raut muka tak senang.
“Kenapa lo?” tanya Via, “Muka lo keliatan lecek banget kayak gak disetrika aja...”
“Eh, memangnya muka bisa disetrika, ya?”
“Bisa!”
“Sumpe lo?”
“Iya,” kata Via sambil ngunyah nasi uduknya, “Bisa melepuh!”
“Huh!” Nana misuh-misuh, “Lagi kesel, neh!”
“Emang elo ke sekolah jalan kaki, ya?”
“Jalan kaki? Maksud lo?”
“Tadi lo bilang kaki lo lagi kesel?”
“Duh... serius dong! Jangan main plesetan gitu!”
Via cekikikan ngeliat tampang juteknya Nana.
“Emang ada apa?” Kali ini Nana serius.
“Liat tuh!” Ratna menunjuk ke arah Rio yang lagi asyik makan berdua di meja yang nggak begitu jauh dari meja mereka.
“Kenapa dengan mereka?”
“Huh, mesra amat, seh?” Nana sewot, “sebagai ketua Osis, harusnya nunjukin contoh yang baik! Masa ketua Osis mesra-mesraan di kantin sama cewek?!”
“Yee, kok jadi elo yang sewot?”
“Eh, itu anak kelas satu yang baru masuk kemarin lusa, kan?”
“Iya. Cantik ya? Pindahan dari Amerika, lho!”
“Huh, sok Amrik!” Nana mencibir, “Melayu mah Melayu aja! Gak usah pakai dipirang-pirangin tuh rambut!”
“Lho, suka-suka dia dong?” bela Via, heran melihat temannya tiba-tiba aja sewot. “Elo kenapa sih, pagi-pagi udah sewot sama Rio?”
“G-gue sebenernya...”
“Elo naksir Rio?”
“I-iya...” ucap Nana malu-malu.”
“Huk, huk, huk...”  Via nyaris tersedak.
“Uh, jorok banget sih, Vi!”
“S-sori deh...” mohon Via.
“Emangnya si Rio suka sama cewek pirang itu ya, Vi?”
Via hanya menggedikkan bahu. “Tapi setauku sih...”
“Mereka udah jadian, ya?” potong Nana.
Via langsung manatap ke arah Nana, “Masa sih, Na?”
“Lho, bukannya itu yang mau elo bilang?”
“Siapa bilang? Orang elo yang bilang kalo mereka udah jadian!”
“Terus, elo mau bilang apa?”
“Aku mau bilang...” Tiba-tiba Via seperti teringat sesuatu. Gawat!
Suara bel tanda akan dimulainya jam pelajaran pertama mengudara. Via buru-buru menyeruput minumannya, sebelum gegas langkah ia ayun ke kelasnya. Sedang Nana masih terpaku di tempatnya.
“Vi! Elo belum bilang apa-apa!”
Via menoleh, sambil terus melangkah dia berucap, “Jam pertama pelajarannya Pak Simatupang, guru fisika yang killer itu! gue lupa ngerjain PR!”
“Hah? Emangnya ada?”
Gara-gara lupa mengerjakan PR fisika, kedua sohib karib itu distrap berdiri di depan kelas, sampai jam pelajaran Pak Simatupang berakhir!
***
Jam istirahat harus dihabiskan Via dan Nana di dalam kelas. Mereka mendapat tugas mengerjakan PR fisika yang lupa mereka kerjakan, ditambah sepuluh soal latihan dari Pak Simatupang. Bel tanda selesai jam istirahat, tugas mereka sudah harus ada di atas meja Pak Simatupang.
 “Vi, Vi,” bisik Nana begitu melihat Rio dan cewek pirang itu melintas di depan kelas mereka.
 “Apaan sih?!” Via yang lagi serius jadi keki, “Lagi sibuk, nih!”
 “Liat deh si Rio sama cewek pirang itu!” Nana menuding keluar jendela dengan bibirnya.
 “Kenapa sama mereka?”
 “Mesra banget, sih!”
 “Cemburu, ya?”
 “Ya... i-ya, sih...”
 “Tenang aja Na, gue yakin deh, si Rio mau sama elo.”
 “Ah, yang bener, Vi? Masa iya sih? Emangnya gue cocok ya sama dia?”
 “Iya. Lo cocok banget jadi... kacungnya!”
 “Viaaaaaaa...!”
 Via udah keburu kabur sebelum jitakan Nana sampai ke jidatnya. Terjadi kejar-kejaran yang seru.
 Suara bel mengudara. Padahal Via dan Nana belum selesai mengerjakan tugas dari Pak Simatupang.
 “Aduhhhh... gara-gara elo nih, gue jadi gak selesai!” Via dongkol.
 “Yee... kok jadi nyalahin gue?”
 “Pokoknya kalo dimarahin, elo yang nanggung ya?!”
 “Iya, gue yang nanggung, elo yang jawab!”
 “Nanaaaaaaa...!”
 Kembali terjadi kejar-kejaran. Kali ini Via yang ngejar Nana sambil ngacungin sapu lidi ke udara.
 “Tolooooonnnnggg...!!!”
***
Pagi-pagi sekali Nana main ke rumah Via. Rumah mereka emang masih satu blok. Mata Via membulat. Nyaris keluar dari ceruknya. Melihat perubahan pada diri Nana.
 “Nana????”
 “Gimana, Vi?” Nana menyibak rambutnya yang tergerai hingga ke pundaknya.
“Elo gak salah, nih?”
“Salah? Kenapa salah?”
“Rambut lo itu...”
“Nggak pantes ya, Vi?”
“Ngapain sih rambut lo pake dipirangin gitu?!”
“Yah, namanya juga orang usaha...”
“Demi Rio maksudnya?”
 “Siapa tau aja setelah rambut gue dipirangin dia mau jadi pacar gue...”
“Iya, Rio pasti mau sama elo... tapi mau muntah!”
 “Ugh!” Nana mencubit pipi Via.
“Sakit tau!”
“Abis... elo bukannya nyemangatin, malah ngejatuhin mental orang.”
“Ya, kalo elo suka sama Rio, elo gak mesti ngerubah penampilan lo begitu. Kan elo yang bilang, kalo Melayu mah Melayu aja!”
 “Tapi faktanya...  si Rio lebih suka sama cewek pirang itu!”
“Dari mana elo tau?”
 “Masa elo gak pernah liat mereka berdua sih?”
“Ya... sering.”
“Mesra banget kan?”
“Ho’oh. Tapi itu kan karena...”
“Karena si Rio suka sama cewek pirang kan?!” serobot Nana, “jadi gak salah dong kalo gue mirangin rambut demi merebut perhatian Rio dari cewek itu?”
“Terserah elo, deh!” Via malas berdebat, “kita berangkat, yuk! Gue meu nyerahin tugas ke Pak Simatupang. Gara-gara elo nih tugas kita jadi ditambahin 20 soal!”
“Tugas? Tugas apaan, Vi?”
“Tugas fisika!”
“Hah?”
“Kenapa emangnya?”
“Gue lupa!”
“Lagi?”
“Iya...”
“Makanya, jangan ngurusin soal cowok mulu! Begitu tuh akibatnya, jadi pikun! Yang ada di kepala lo cuma Rio aja sih!”
“Vi, gue bolos aja, ya?”
“Nggak bisa. Elo harus tetep sekolah!”
“Aduuu... gue nitip absen aja ya?”
“Ogah!”
“Via cantik deh.”
“Udah dari dalem perut!”
“Yee... pede abis lo!”
***
Via baru saja ingin memejamkan matanya, ketika Nana muncul di kamarnya dengan wajah kusut.
“Vi, Vi... gawat nih, gawat!”
“Aduuuhhh... gue ngantuk banget tau!”
“Tapi gue mau cerita sama elo, Vi.”
“Besok aja di sekolah, ya?”
“Nggak bisa. Ini penting banget!”
Via terpaksa beranjak dari tidurnya.
“Ada apaan, sih? Segitu gawatnya...”
“Si Rio!”
“Kenapa si Rio?”
“Gue ngeliat dia naik motor sama cewek pirang itu!”
“Hah? Mereka kecelakaan?!”
“Siapa?”
“Si Rio.”
“Siapa yang bilang?”
“Lho, bukannya tadi elo mau bilang itu?”
“Yee! Makanya kalo orang ngomong dengerin dulu!” Semprot Nana, Via langsung pasang kuping. “Gue ngeliat Rio boncengan sama cewek itu, luuueeengkeeeet banget! Udah kaya ketan aja, deh.”
“Terus, mereka jatoh dari motor?”
“Gue gak sesadis itu nyumpahin mereka jatuh dari motor.”
 “Ah, elo ngomong dari tadi belibet. Gue dari tadi nungguin di mana letak gawatnya, sampe elo nekat menunda tidur malam gue!”
“Ya, itu tadi yang gue omongin.”
 “Yang mana?”
 “Si Rio boncengan sama cewek pirang itu, mesra banget!”
“Yah, di mana letak gawatnya?”
“Mereka udah jadian kali ya, Vi?”
“Yah, gue kira apaan!” Via kembali merebahkan tubuhnya di atas ranjang.
“Vi...”
“Gue ngantuk ah!”
“Vi...”
“Grrroookkkkhhh!”
Nana cuma bisa sewot mendengar suara dengkurnya Via.
***
Nana lagi genjrang-genjreng sambil nyanyi-nyanyi lagu sedih di pekarangan depan rumahnya, waktu Via datang membawa sebungkus rujak. Sepertinya sahabatnya itu lagi patah hati deh...
“Kenapa lo? Bete abis gitu?” tegur Via. Membuka bungkus rujak yang dibawanya.
“Kayaknya sia-sia deh gue mirangin rambut...” kata Nana sambil tangannya mencomot rujak dan mencaploknya.
“Emangnya kenapa?”
“Gue perhatiin, makin hari Rio makin dekat aja sama cewek pirang itu. Tiap hari pulang sekolah sama-sama. Berangkatnya juga sama-sama.”
“Eh, dari mana elo tau kalo mereka selalu berangkat sama-sama?”
“Ya, gue kan mata-matain mereka!”
“Ampe segitunya. Berarti lo juga udah tau dong kalo mereka itu sodaraan?
“Sodaraan?!”
“Iya. Cewek pirang itu sepupunya si Rio!”
“Hah? Yang bener lo, Vi?”
“Sebenarnya udah lama gue pengen kasih tau elo. Tapi setiap kali gue mau ngomong, selalu aja dipotong.”
“Yah... jadi percuma dong gue mirangin rambut?”
“Itu mah derita elo, Na!”
“Viiiaaaaaa...!!!”





Share on Google Plus

About Denny Prabowo

Penulis, penyunting, penata letak, pedagang pakaian, dokumentator karya FLP, dan sederet identitas lain bisa dilekatkan kepadanya. Pernah bekerja sebagai Asisten Manajer Buku Sastra di Balai Pustaka. Pernah belajar di jurusan sastra Indonesia Unpak. Denny bisa dihubungi di e-mail sastradenny@gmail.com.

0 ulasan:

Catat Ulasan

Tinggalkan jejak sobat di sini