Lomba Cerpen Misteri Faber-Castell 2015


Sobat penulis belum pernah menerbitkan buku? Lomba ini bisa kamu ikuti. Siapa tahu, kamu menang dan bisa diterbitkan. Kamu enggak perlu khawatir dapat saingan dari penulis-penulis yang sudah banyak buku. Di lomba ini, mereka enggak bisa ikutan. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini, apalagi kalau kamu suka menulis cerita misteri, tema lomba ini cocok banget sama kamu: "MYSTERY"



Misteri? Cerita hantu-hantuan? Panitia lomba mendefinisikan misteri sebagai keinginan manusia untuk mencari penjelasan atas hal-hal yang misterius. Mereka memberi contoh cerita detektif, cerita dongeng tentanng makhluk halus yang membantu atau menyakiti manusia dalam kasus-kasus yang tidak bisa dijelaskan oleh nalar, dan lain-lainnya. Kamu punya cerita seperti itu? Segera tulis dan kirimkan. 

Hadiahnya besar, Sob! 

Masing-masing pemenang perkategori usia mendapatkan :
Juara 1 : Uang tunai Rp 7.500.000,- + Goodie bag product Faber-Castell
Juara 2 : Uang tunai Rp 5.000.000,- + Goodie bag product Faber-Castell
Juara 3 : Uang tunai Rp 3.000.000,- + Goodie bag product Faber-Castell

Juara Harapan 1,2,3 dari masing-masing kategori :
Harapan 1 Uang tunai Rp 1.500.000,- + Goodie bag product Faber-Castell
Harapan 2 Uang tunai Rp 1.200.000,- + Goodie bag product Faber-Castell
Harapan 3 Uang tunai Rp 1.000.000,- + Goodie bag product Faber-Castell

Hadiah lainnya :
1 Cerpen dengan Tulisan Tangan Terindah : Rp 1.000.000,- + Goodie bag product Faber-Castell
1 Cerpen Favorit (LIKE terbanyak di Facebook) : Rp 1.000.000,- + Goodie bag product Faber-Castell

Cerpen pemenang akan diterbitkan!

MEKANISME
1. Lomba terbuka dalam beberapa kategori _usia :
A.    Kategori A : Pelajar (usia 18 th) 
B.    Kategori B : Mahasiswa dan Umum (usia 19 th)
2. Peserta tidak dipungut biaya apapun.
3. Tema : Mystery
4. Syarat dan ketentuan :
  • Download dan cetak kertas untuk menulis dari website  www.lombacerpen.com.
  • Cerpen ditulis tangan dan harus diberi judul. Tulisan harus jelas dan terbaca. 
  • Panjang cerpen maksimal 4 halaman A4. Kolom kode diisi dengan kode kategori usia seperti tertera pada No. 1.
  • Gunakan varian pulpen dari Faber-Castell untuk menulis cerpen (CX, Grip X, RX, speedx).  Buktikan dengan menyertakan fotomu saat sedang menulis cerpen dengan pulpen tersebut.
  • Cerpen adalah karya asli peserta dan bukan hasil plagiarisme serta belum pernah dimuat di media cetak manapun. Konten tidak bermuatan unsur SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan). 
  • Penulis profesional dilarang mengikuti Lomba Cerpen ini. Penulis profesional adalah seseorang yang pernah mengeluarkan karya sastra dalam bentuk buku; baik dalam bentuk novel, kumpulan cerpen, maupun karya sastra lainnya. 
  • Peserta dapat mengikutsertakan maksimal 3 cerpen karyanya. 3 Cerpen tersebut harus memiliki judul dan jalan cerita yang berbeda. 
  • Hasil penjurian Lomba Cerpen Faber-Castell tidak dapat digangggu gugat. Tiap cerpen yang diterima panitia sepenuhnya menjadi hak milik PT Faber-Castell International Indonesia. 
  • Cerpen yang tidak diunggah (upload) ke website www.lombacerpen.com serta tidak memenuhi syarat dan ketentuan tidak diikutsertakan. 
  • Pemenang wajib menyerahkan bukti struk pembelian pulpen Pulpen Faber-Castell dengan tipe apapun yang digunakan. Bila pemenang tidak mampu menunjukkan struk pembelian, maka akan didiskualifikasi
5. Cerpen dikirimkan dengan cara berikut :
  • Registrasi di website www.lombacerpen.com.
  • Aktivasi akun dengan mengikuti langkah yang dikirimkan ke email peserta. Gunakan akun yang sudah diaktivasi untuk log in.
  • Download (unduh) dan print kertas cerpen dari website www.lombacerpen.com. Tuliskan cerpen dengan ballpen Faber-Castell maksimal 4 halaman A4 pada kertas cerpen.
  • Scan cerpen dengan format : JPEG dan size max 1 MB/image
  • Upload (unggah) file cerpen dan bukti foto penggunaan pulpen Faber-Castell. Cek status cerpen di tab Galeri untuk melihat apakah cerpen sudah berhasil diunggah.
  • Unggah juga cerpen ke Facebook fanpage Faber-Castell International Indonesia dan kumpulkan LIKE sebanyak mungkin untuk menjadi pemenang Cerpen Favorit. Batas akhir pengumpulan LIKE sama dengan batas akhir penerimaan cerpen di website. 10 cerpen dengan like terbanyak akan mendapatkan penilaian dari tim juri untuk terpilih sebagai cerpen terfavorit diluar pemenang Kategori Usia
6. Periode lomba :
  • Lomba mulai di 19 Oktober 2015.
  • Batas akhir penerimaan cerpen: 15 Januari 2016 pukul 23.59 WIB.
  • Pengumuman pemenang Lomba Cerpen Faber-Castell: 15 Februari 2016
7. Tim juri :
  • Risa Saraswati (Penulis buku Danur)
  •  Nina Moran (Founder dan CEO majalah Gogirl!)
  • Intan Savitri (White Director Tulisen.com).
Share on Google Plus

About Denny Prabowo

Penulis, penyunting, penata letak, pedagang pakaian, dokumentator karya FLP, dan sederet identitas lain bisa dilekatkan kepadanya. Pernah bekerja sebagai Asisten Manajer Buku Sastra di Balai Pustaka. Pernah belajar di jurusan sastra Indonesia Unpak. Denny bisa dihubungi di e-mail sastradenny@gmail.com.

4 ulasan:

  1. Hai :-) mau tanya nih admin. Yang kategori mahasiswa/umum itu dikhususkan bagi yang berusia 19 tahun saja ya? Mohon infonya ya.

    BalasPadam
    Balasan
    1. 19 tahun ke atas masuk kategori mahasiswa dan umum. begitu maksudnya.

      Padam
  2. Walaupun bukunya baru diterbitkan penerbiit indie,tetap tidak boleh ikut lomba ini?

    BalasPadam
  3. kak, saya sudah menjadi mahasiswa, tapi saya masih berumur 18 tahun, eh nggk aku masih 17 tahun 11 bulan, bagaimna kak

    BalasPadam

Tinggalkan jejak sobat di sini