Short Memoir Writing Contest

PSFAA Short Memoir Writing Contest adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk menjaring kisah-kisah inspiratif tentang mereka yang menjalani kehidupan pasca sekolah. Melalui kompetisi ini, kami bermaksud menumbuhkan gairah menulis dan menginspirasi orang lain lewat tulisan yang menggugah dan didasari oleh kisah nyata perjalanan penulis (memoar) atatupun orang lain dalam mengarungi kehidupan pasca sekolah. Kami berharap melalui kisah-kisah tersebut, para alumni sekolah dari berbagai jenjang pendidikan dapat memberikan secercah cahaya dan semangat bagi mereka, baik yang sudah lulus ataupun masih bersekolah, untuk dapat terus belajar dan berkarya dalam hidup tanpa mengenal kata lelah atau merasa sudah cukup pintar.

Tulisan dan kisah yang terpilih dan terkumpul melalui kontes ini akan dibukukan dengan tujuan dapat menjadi bentuk kontribusi para alumni sekolah di Indonesia bagi dunia pendidikan serta sebagai bentuk upaya untuk menjadikan masyarakat Indonesia yang lebih baik, terus berkarya dan tak pernah berhenti belajar.

Melalui kontes ini, kami juga berusaha memfasilitasi bakat-bakat menulis, khususnya para pemuda, di Indonesia dengan memberikan mereka wadah untuk menuangkan kreatifitas dan membagi perjalanan hidupnya ke dalam bentuk tulisan yang inspiratif, menghibur dan bermanfaat bagi sesama. Akhirnya, kami juga berharap agar royalty dari penjualan buku dapat disumbangkan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya menyelamatkan anak-anak yang terancam putus sekolah.

Sebagaimana sudah diuraikan pada pembukaan dokumen ini, tema khusus yang diangkat dalam kontes menulis cerita pendek ini adalah mengenai: Kehidupan Pasca sekolah (Life After School). Maksudnya tulisan yang diangkat dapat berupa kisah-kisah yang terjadi seputar kehidupan pasca sekolah atau kelulusan. Kami tidak membatasi definisi pasca sekolah ini ke dalam jenjang pendidikan tertentu, sehingga kisah cukup terbuka dan dapat meliputi kehidupan pasca sekolah baik itu SD, SMP, SMA, S1, S2 ataupun S3.

Adapun subtema: Sekolah Sejati Tidak Mengenal Kata Usai dimaksudkan agar konteks kisah yang diangkat tidak keluar dari koridor tujuan penyelenggaraan kontes ini yaitu: memberikan inspirasi bahwa pembelajaran tidak semerta-merta berakhir setelah upacara kelulusan atau wisuda digelar.


Sebagai perkumpulan alumni kami meyakini bahwa sekolah yang sejati tidak berakhir di bangku sekolah baik itu SMA, S1 atau bahkan S3. Seringkali perjalanan seorang lulusan baru saja dimulai setelah ia lulus dari satu jenjang pendidikan tertentu. Baik itu berarti melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ataupun terjun kembali ke masyarakat dengan bekerja ataupun memulai usaha. Hidup dapat dilihat sebagai sebuah sekolah tersendiri yang periodenya membentang sejak kita lahir hingga menghembuskan nafas yang penghabisan.

Gambaran umum kegiatan (TOR) dapat diunduh di

http://www.4shared.com/document/-5BTVl_W/TOR_PSFAA_SMWC.html


KETENTUAN UMUM KONTES


  1. Peserta adalah individual, pernah mengecap dunia pendidikan formal (SD, SMP, SMA, D1-D3, S1-S3, baik lulus ataupun tidak)
  2. Peserta berasal dari semua kalangan dan tingkat pendidikan tanpa batasan usia
  3. Setiap peserta boleh mengajukan lebih dari satu naskah memoar.
  4. Naskah diangkat dari inspirasi kisah nyata diri sendiri /memoar (diutamakan) ataupun orang lain
  5. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Naskah harus asli, bukan terjemahan, saduran, atau mengambil ide dari karya lain yang sudah ada.
  7. Naskah belum pernah diterbitkan dalam bentuk buku atatupun di media massa, (cetak maupun elektronik), dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain.
  8. Tema disesuaikan dengan tema kontes ini yaitu: Life After School: Sekolah Sejati Tidak Mengenal Kata Usai.
  9. Karya yang menang, pihak penyelenggara kontes berhak menerbitkannya dalam bentuk buku ataupun publikasi lainnya (cetak ataupun elektronik), mengumumkan/memperbanyak, dan mewujudkannya kembali dalam format digital maupun non digital.
  10. Atas naskah yang tidak menang lomba tetapi memenuhi syarat untuk diterbitkan, pihak penyelenggara kontes berhak menerbitkannya dalam bentuk buku ataupun publikasi lainnya (cetak ataupun elektronik), mengumumkan/memperbanyak, dan mewujudkannya kembali dalam format digital maupun non digital.
  11. Naskah yang masuk menjadi hak penyelenggara dengan tetap menghargai identitas penulis.
  12. Keputusan juri mengikat dan tidak bisa diganggu gugat.


KETENTUAN KEIKUTSERTAAN

  1. Naskah diketik di kertas berukuran A4 dengan jarak 1,5 (satu setengah) spasi. Panjang tulisan dalam kisaran 5500-6500 kata.
  2. Tuliskan di setiap naskah: di bagian header atau footer, nama dan alamat email penulis.
  3. Isi format cover naskah yang disediakan panitia (Harap unduh File di http://www.4shared.com/file/d_-hGXfn/Cover_Page_SMWC.html)
  4. Peserta diharapkan mengirimkan softcopy naskah dan cover melalui email PSFAlumnus@gmail.com
  5. Besar email maksimum 5MB dengan judul subject Naskah PSFAA Short Memoar Contest
  6. Naskah paling lambat diterima panitia 15 Oktober 2011 pukul 24:00 WIB.
  7. Follow Twitter @PSFAlumnus dan Twit Text ini: Saya ikut @PSFAlumnus Short Memoar Writing Contest 2011


HADIAH & PENGUMUMAN PEMENANG

Para pemenang kontes ini akan mendapatkan hadiah sebb:

  • Juara I mendapatkan hadiah sebesar Rp. 5.000.000,-
  • Juara II mendapatkan hadiah sebesar Rp. 2.500.000,-
  • Juara III mendapatkan hadiah sebesar Rp. 1.250.000,-
  • Juara IV mendapatkan hadiah sebesar Rp. 750.000,-
  • Juara IV mendapatkan hadiah sebesar Rp. 500.000,-

Pengumuman Pemenang akan dimuat di website Koperasi Siswa Bangsa –Yayasan Putera Sampoerna (www.siswabangsa.org) tanggal 15 November 2011.

Pemenang akan mendapat surat pemberitahuan langsung dari panitia, dan tidak melalui agen/perantara lain.


Informasi Lebih Lanjut

Bagi yang berminat mengikuti kontes ini, dapat menghubungi panitia melalui:

Lidya Caroline Sampoerna Strategic Square Jl.Jend.Sudirman Kav.45, Jakarta, 12930 Phone : (+62)-21-5772340 Ext.7081 Fax : (+62)-21-5772341 Email : Lidya.caroline@sampoernafoundation.org

Follow us on twitter @PSFAlumnus or Facebook page PSFAlumnus

Sumber: http://www.siswabangsa.org/media/index/id/6
Share on Google Plus

About Unknown

Penulis, penyunting, penata letak, pedagang pakaian, dokumentator karya FLP, dan sederet identitas lain bisa dilekatkan kepadanya. Pernah bekerja sebagai Asisten Manajer Buku Sastra di Balai Pustaka. Pernah belajar di jurusan sastra Indonesia Unpak. Denny bisa dihubungi di e-mail sastradenny@gmail.com.

0 ulasan:

Catat Ulasan

Tinggalkan jejak sobat di sini